Kamis, 21 April 2016




PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 batul
oleh Endar Hartono – UIN SUNAN KALIJAGA






Tugas review Matakuliah Media Pembelajaran Berbasis ICT(information,communication and technology) yang dibina oleh bapak Abdul halim Fathani s,si

Oleh:
Ainiyatul aliyah (21501072026)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
Maret 2016



ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANBERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATARKELAS VIII SMPN 1 BANTUL

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk mdia pembelajaran berbasis web e-learning yang menggunakan macro media dream weaver 8.0 kostandar kompotensi memahami sifat-sifat kubus,balok,prisma,limas dan bagian-bagiannya dengan mengetahui kualitas dari website pembelajaran matematikayang diikuti dengan langkah-langkah pengembangan agar menghasilkan produk yang berkualitas berdasrkan penilaian ahli media ,ahli materi dan sisiwa sebagai indicator.
Penilitian ini mengacu pada model pengembangan ADIIE( Analisys,design,development, implementation,Evaluation ). Analiysis meliputistadi pendahuluan,analisis kurikulum, analisis kebutuhan. Design, merupakan pembuatan gais-garis besar isi website, penyusunan kerangka website. Development merupakan pembuatan website dengan menggunakan macro media d ream weaver 8.0 dll.implementation, meliputi uji kelas kecil, uji kelas besar. Evaluation yang merupakan indiindicatorerhasilan media , yamg mengavaluasi setiap pengembangan media.
Kata kunci: Media pembelajaran, E-learning,Macromedia Dreamweaver, 8.0, website, bangun ruang sisi datar, ADDIE.








REVIEW
Disini saya akan me review skripsi tentang media pembelajaran berbasis web pada materi bangun ruang. Disini banyak siswa smp yang menganggap bahwa matematika itu sulit khususnya dalam materi bangun ruang . siswa mengangap dalam matematika hanya menemukan angka, grafik dan hal-hal lainnya. Oleh karena itu,salah satu cara sistem pembelajaran yang digunakan untuk mempermudah siswa belajar matematika khususnya bangun ruang adalah dengan menggunakan media pembelajaran E-Learning.
Sistem pembelajaran E- Learning adalah sistem pembelajaran yang bisa menambah informasi kepada siswa dengan pembelajaran yang telah diperoleh dengan cara sistmatis. Karena, sistem belajar e-learning adalah sistem belajar yang menggunakan elektronika yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Pembelajaran e- learning berfungsi sebagai media pembelajaran yang bersifat tambahn yang bisa dilakukan di luar kelas untuk memantapkan materi yang telah diberikan oleh guru didalam kelas.dengan ini, diharapkan e- learning bisa membantu kelengkapan belajar di kelas. Materi yang imajinatif atau abstrak bisa disampaikan melalui computer terutama pada penjelasan bangun ruang. Dampak negative jika tidak ada e-learning adalah siswa ksulitan mendapatkan informasi yang dibutuhkan yang berkaitan dengan meteri yang sudah dijelaskan oleh guru
Dalam pembuatan e-learning banyak softwere sperti desain dan salah satu yang digunakan adalah macromedia dreamweaver, mengaapa memakai software ini karena dengan memggunakan ini bisa mengakses informasi yang lua dang tidak terbatas. Dan flash untuk menganimasikan gambar pada ruang bangun datar.
Masalah yang didapat adalah sbagian peserta didik mengangap pelajaran matematika itu sulit dan membosankan, pembenahan kurikulum harus terus ditingkatkan sesuai dengan berkembangnya technology yang modern. Guru harus memberikan suatu metode baru kepada murid yang sesuai dengan konsep materi.
Pembatasan masalah yang akan dikaji pada skripsi ini adalah
1. penelitian ini memfokuskan kepada bagaimana merancang aplikasi pembelajaran ealerning yang mebahas tentang bangun ruang sisi datar.
2. software yang digunakan adalah macromedia dreamweaver 8.0 dan spftware lainnya supaya web yang ditampilkan menarik dan bagus
Tujuan penilitian untuk mengetahui langkah-langkah perkembangan media pembelajaran dan pendesain e-learning yang meudah dipahami oleh SMPN 1 Bantul kelas VIII dan mengetahui kualitas perkembangan media e-learning matematika.
Manfaat penelitian bagi siswa adalah siswa lebih mudah memahami konsep matematika yang abstrak yang berhubungan dengan bangun ruang sisi datar dalam animasi yang bergerak. Siswa dapat menambah pengetahuan dan bisa meninggkatkan motivasi untuk trus belajar. Dan bagi guru adalah dapat membantu materi yang masih sulit disampaikan dan didapatkannya bangun ruang sisi datar dapat dijadikannya sebuah kekereativitasan bagi guru. Dan bagi peneliti bisa mengetahui bentuk pembelajaran matematika yang baik pada siswa smp/smp.
Spesifikasi yang diharapkan adalah merupakan media pembelajaran yang tersebar luas di internet yang berbentuk animasi yang menjelaskan tentang bangun ruang sisi datar yang mudah dipahami oleh siswa. Siswa dapat belajar sendiri karena sudah ada sumber belajarnya. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran ini adalah berbentuk html yang penggunamya menggunakan computer.dengan spesisifikasi minimal tersambung dengan jaringan internet, da nada mozila atau google chrome.
Arti istilah yang ada di atas seperti contoh
1. HTML( hyper teks markup language) adalah sebuah bahasa stendart yang digunakan oleh browser internet untuk membuat halaman dan dokumen.
2. e- learning adalah pembelajaran jarak jauh yang menggunakan computer dan jaringan internet.
3. macromedia dreamware adalah program untuk mengdit halaman sebuah situs.
Kesimpulannya adalah telah berhasil dikembangkan website pembelajaran e-learning dengan materi bangun ruang sisi datar( kubus, balok, limas, prisma.)

SARAN
Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan e-learning yang menggunakan computer dan jaringan internet untuk mengoperasikannya.
Adapun saranpemanfaatan dan pengembangan tindak lanjut adalah
1. saran pemanfaatan
Penulis menyarankan supaya website e-learning matematika dengan materi bangun ruang sisi datar yang telah dikembangkan:
a. diterapkan pada pembelajaran siswa smp atau mts
b. ada pihak yang menindak lanjutkan supaya proses lebih sempurna lagi.
c. bisa lebih menyempurnakan lagi sistem pembelajaran e-learning
2. pengembangan produk tindak lanjut

Website e-learning matematika pada materi bangun ruang sisi datar dapat ditkembangkan secara terus untuk pembelajaran jarak jauh, untuk memantapkan pembelajaran yang sistematis. Untuk pengembangan rencana tindak lanjut bisa dengan me hosting websit melalui internet supaya terus bisa di lihat dan dipelajari oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar