ARTIKEL
FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA
Untuk bisa memahami dan mengerti akan sesuatu ilmu maka
kita harus mempelajari dan mengenali terlebih dahulu ilmu yang akan kita
pelajari. pada kali ini saya akan membahas tentang filsafat pendidikan yang
berkaitan dengan matematika. Kita terlebih dahulu harus mengetahui, Apa
definisi filsafat, definisi pendidikan dan matematika dan tentunya, apa tujuan
kita mempelajari ilmu filsafat.
.
Menurut Joe Park (philosophy -
inggris) filsafat berasal dari bahasa yunani yang tersusun dari dua kata yaitu
philos berarti gemar atau cinta (fond of) dan sophos berarti bijaksana atau arif (wife). Dan
menurut Plato filsafat adalah mereka yang mencari kebenaran mutlak, kekal dan
yang abadi. Menurut Aristoteles filsafat
kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asa suatu benda dan ilmu.
Seperti, ilmu logika, psikologi, etika, metafisika dan lain sebagainya. Dari
beberapa pendapat di atas dapat kita simpulkan bahwa, Filsafat adalah konsep
dasar yang mencari sebab terjadinya sesuatu problematika berdasarkan pemikiran
yang bijak yang dikaji secara mendalam dan meluas dengan pemikiran yang kritis
dan tidak bisa di analisa oleh ilmu pengetahuan biasa.
Fungsi dari ilmu fisafat itu sendiri adalah dapat
mengarahkan kita sebagai pelajar untuk bisa membuktikan bahwa teori yang telah
dikembangkan oleh ahlinya bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari ilmu fisafat itu sendiri adalah mencari dasar-dasar atau
sebab-sebab terjadinya suatu problematika yang terjadi dalam dunia pendidikan
atau dalam kehidupan sehari-hari. Dan mencari jalan keluar dari problematika
tersebut melalui analisa filsafat atau pendekatan2 filsafat.Tujuan mempelajari
ilmu filsafat itu sendiri adalah untuk
menjadikan kita sebagai pelajar khususnya mahasiswa bisa berfikir secara kritis
dan lebih mendalam dengan materi atau
teori yang telah kita pelajari dan bisa membangun sikap toleran terhadap
perbedaan sudut pandang juga bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan,
keterampilan, dan seni yang diajarkan secara turun menurun bisa belajar pada
orang lain ataupun belajar dengan sendirinya(otodidak). Belajar itu sendiri
adalah perubahan tingkah laku dikarenakan adanya suatu interaksi sosial.
Filsafat pendidikan menurut A. Chaedar alwasilah adalah studi ihwal tujuan,
hakikat,dan isi yang ideal dari pendidikan. Menurut Al- syaibani filsafat
pendidikan adalah aktivitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat
sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan, dan menyatukan proses pendidikan.
Jadi filsafat dengan pendidikan mempunyai hubungan yang sangat erat karena,
filsafat yang mendasari atau yang melandasi terjadinya suatu praktik pendidikan.
Hakikat matematika adalah matematika berasal dari
kata latin mathematika yang mulanya diambil dari perkataan yunani mathematike
mempelajari. Perkataan itu mempunyai asal katanya mathema yang berarti
pengetahuan dan ilmu. Kata mathematike berhubungan juga dengan kata-kata lain
yang hampir sama, yaitu mathein yang artinya belajar berfikir. Hudyuno
mengemukakan bahwa hakikat matematika
berkenaan dengan ide-ide, struktur dan hubungan-hubungan yang diatur
menurut urutan yang logis. Matematika adalah ilmu yang berfikir secara logis
dan butuh pemikiran yang mendalam.
Dalam filsafat ada yang namanya logika filsafat dan logika
matematika. Logika filsafat dapat digolongkan sebagai suatu ragam atau bagian
logika yang masih berhubungan erat dengan pembahasan dalam bidang filsafat.
Adapun logika matematik merupakan suatu ragam logika yang menelaah penelaran
yang brnar dengan menggunakan metode matematik serta bentuk lambang yang khusus
dan cermat untuk menghindarkan makna ganda dan kekaburan yang terdapat dalam bahasa
biasa.(The Liang Gie, Suhartoyo Hardjosatoto, dan Endang Daruni Asdi,
1980,hlm.35-46)
Jadi, kesimpulannya adalah filsafat matematika
adalah ilmu yang mencari terjadinya suatu problematika yang ada di dunia
pendidikan dan mencari jalan keluarnya. Matematika adalah yaitu ilmu berfikir
ysecar logis dan mendalam yang membutuhkan ilmu logika.
Daftar
pustaka
Mansur,
Rosichin. 2012. Filsafat Pendidikan Selayang Pandang. Jurnal kependidikan
dan keislaman. No. 2, Volume 3, hlm
2-17
Surajiyo.2005.
Ilmu Filsafat. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar